;

Abstrak


Korelasi Antara Rasio Adenoid-Nasofaring (ANR) dengan Gejala Pembesaran Adenoid pada Anak Hipertrofi Adenoid di RSUD Dr. Moewardi Surakarta


Oleh :
Rika Mutia Hapsari - S211808002 - Sekolah Pascasarjana

Latar Belakang: Hipertrofi adenoid merupakan masalah kesehatan yang paling umum ditemukan pada pediatri. Fasilitas kesehatan di negara berkembang umumnya tidak memiliki alat diagnostik yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara Skor Simtomatologi (SS) dengan Rasio Adenoid- Nasofaring (ANR).
Metode: Penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dilakukan dengan melihat data rekam medis pasien dengan hipertrofi adenoid di Departemen THT-KL dan telah melakukan foto polos nasofaring lateral di Departemen Radiologi RSUD Dr. Moewardi Surakarta dari bulan September 2018 hingga Februari 2021.
Hasil: Terdapat 40 subjek dalam penelitian ini. Hasil uji korelasi Spearmann menunjukan menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel (p < 0 xss=removed xss=removed xss=removed>Kesimpulan: ANR merupakan alat diagnostik yang efektif untuk hipertrofi adenoid. ANR memiliki kolerasi baik dengan gejala pasien dan menyediakan pengukuran objektif dari hipertrofi adenoid.

Kata kunci: hipertrofi adenoid, ANR, skor simtomatologi, foto polos nasofaring lateral