Abstrak


Peran Video Editor dalam Produksi iklan Layanan Masyarakat KPU Kota Surakarta


Oleh :
Muhammad Faiz P - V1120110 - Sekolah Vokasi

Muhammad Faiz Pradipta.V1120110. 2023. “Peran Video Editor dalam Produksi Iklan Layanan Masyarakat KPU Kota Surakarta”. Tugas Akhir. Program Studi Diploma Tiga Komunikasi Terapan. Sekolah Vokasi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Dalam laporan tugas akhir ini memuat penjelasan tentang peran video editor dalam pembuatan iklan layanan masyarakat KPU Kota Surakarta yang berujudul “Pemimpin berkualitas lahir dari pemilih yang cerdas”. Selanjutnya, pesan yang disampaikan dari iklan komersial ini adalah untuk memberikan informasi dan menjadi sarana sosialisasi cara menjadi pemilih cerdas untuk mendukung lancarnya pemilu 2024. Pesan-pesan yang kita angkat merupakan hasil diskusi bersama pihak KPU berdasrkan masalah pemilu yang muncul setiap periode. Sehingga audiens paham dan tersosialisasi tentang pentingnya menjadsi pemilih yang cerdas.

Dalam pembuatan iklan layanan masyarakat ini memerlukan kontribusi dari berbagai divisi, seperti director,art director,copywriter, videographer, dan editor. Berbagai divisi tersebut melakukan peran dan tanggung jawab sesuai jobdesc masing-masing. Penulis sebagai video editor memiliki tugas dalam membangun konsep editing, mencari referensi untuk konsep, menyunting video dan memantau produksi.

Peran video editor dalam pembuatan iklan layanan masyarakat sangatlah penting karena video editor merupakan kunci dalam memadukan visual dan audio agar audiens merasa terhubung secara emosional dengan iklan sehingga tujuan persuasif iklan tercapai. Selain itu, video editor juga berperan dalam pengemasan pesan dimana editor dapat memberikan efek efek editing dalam karya audio visual.