Abstrak


ANALISIS PENCATATAN AKTA KELAHIRAN BAGI ANAK YANG LAHIR DARI PERKAWINAN YANG BELUM TERCATAT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN WONOGIRI


Oleh :
Reza Setyo Nugroho - E3119113 - Sekolah Vokasi

Reza Setyo Nugroho. 2023. E3119113. ANALISIS PENCATATAN AKTA KELAHIRAN BAGI ANAK YANG LAHIR DARI PERKAWINAN YANG BELUM TERCATAT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN WONOGIRI. 

Tugas Akhir. Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta.  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis terkait dengan proses kepengurusan dan juga akibat hukum Akta Kelahiran anak yang lahir dari perkawinan yang belum tercatat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri.

 Penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian normatif empiris. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pendekatan penelitian  yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data primer yang digunakan didapatkan dari hasil wawancara dan studi pustaka serta data sekunder didapat dari hasil pengumpulan data dan dokumentasi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan studi kepustakaan mendalam.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pencatatan Akta Kelahiran anak dari pasangan yang berstatus kawin belum tercatat dapat diterbitkan dengan melampirkan formulir SPTJM kebenaran pasangan suami istri sebagai pengganti Akta Perkawinan sesuai SOP Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri. Dalam pelaksanaanya penerbitan Akta Kelahiran anak dari pasangan yang berstatus kawin belum tercatat menimbulkkan akibat hukum terhadap anak tersebut yakni terkait dengan status pewarisan dan status perwalian yang dikaji dalam prespektif KUHPerdata dan juga dalam prespektif Kompilasi Hukum Islam.

Kata Kunci : Akta Kelahiran, Perkawinan Belum Tercatat, Akibat Hukum.