Abstrak


PENGARUH LATIHAN PASSING SUPPORT DAN KOMBINASI PASSING TERHADAP PENINGKATAN AKURASI PASSING KAKI DALAM PEMAIN SSB PELITA PUTRA BANDAR KU12


Oleh :
Khusni Mubarok - O0219061 - Fak. Keolahragaan

ABSTRAK

Khusni Mubarok. O0219061. Pengaruh Latihan Passing Support Dan Kombinasi Passing  Terhadap Peningkatan Akurasi Passing Kaki Dalam Pemain SSB Pelita Putra Bandar KU12. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2023.

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui pengaruh latihan passing support terhadap akurasi passing kaki dalam, 2) mengetahui pengaruh latihan kombinasi passing terhadap akurasi passing kaki dalam 3) mengetahui latihan mana yang memiliki pengaruh lebih baik antara passing support dan kombinasi Passing dalam meningkatkan akurasi Passing kaki dalam . Pengambilan data pretest dan posttest menggunakan tes passing AFC Skill test. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan uji Levene, dan uji hipotesis menggunakan paired sample t-test dan uji independent sample t test. Kemudian uji perbedaan peningkatan latihan menggunakan uji N Gain.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan two group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 24 pemain yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok latihan passing support dan kelompok latihan kombinasi passing.

Hasil analisisi uji hipotesis yang pertama diperoleh Nilai signifikansi (2-tailed) 0,002 atau kurang dari 0,05 yang artinya adanya pengaruh latihan Passing Support  terhadap peningkatan akurasi passing kaki dalam sepak bola. Hasil analisisi uji hipotesis kedua diperoleh Nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 atau kurang dari 0,05 yang artinya adanya pengaruh latihan kombinasi Passing terhadap peningkatan akurasi Passing kaki dalam. Hasil persentase peningkatan pada akurasi Passing kaki dalam yang diberi latihan Passing Support diperoleh sebesar 28,06 %, dan persentase peningkatan akurasi Passing kaki dalam yang diberi perlakukan dengan latihan kombinasi passing diperoleh sebesar 43,33 %.

Hasil penelitian tersebut disimpulkan hasil dengan latihan Kombinasi Passing memberi pengaruh lebih baik dibandingan latihan Passing Support. Yaitu analisis uji hipotesis yang kedua diperoleh Nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 atau kurang dari 0,05, dengan persentase peningkatan keterampilan Passing diperoleh sebesar 43,33 %.

 

Kata Kunci : Passing Support, Kombinasi Passing, Akurasi Passing, Sepak Bola