Abstrak


ANALISIS KEPUASAN EKSPORTIR DENGAN PENDEKATAN SERVQUAL DALAM PEMILIHAN MITRA PEMBAYARAN (Studi Kasus pada Eksportir PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Solo Sudirman)


Oleh :
Regita Adhika Putri Wijayanto - V1220064 - Sekolah Vokasi

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan studi lapangan bahwa terdapat beberapa eksportir di Kota Solo yang tidak melakukan pembayaran internasionalnya kepada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Solo Sudirman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas layanan dan kepuasan eksportir di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Solo Sudirman. Penulis juga menjelaskan mengenai pengaruh kepuasan eksportir terhadap pemilihan mitra pembayaran.

Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yaitu penelitian dilakukan dengan mengamati secara langsung, menyebar kuisioner, dan melakukan wawancara. Metode lain yang digunakan penulis adalah analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan data dan fakta yang ditemukan selama penelitian.

Hasil penelitian ini adalah diketahuinya kepuasan eksportir di Kota Solo dan memberikan masukan untuk dijadikan evaluasi bagi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Solo Sudirman. Saran yang diberikan diantaranya perusahaan lebih meningkatkan kualitas pelayanan agar membangun hubungan dengan para eksportir dan memastikan komunikasi yang baik dengan para eksportir agar dapat dipilih menjadi mitra pembayaran.