Abstrak


Asuhan Kebidanan Terintegrasi Pada Ny. S Umur 21 Tahun Di Puskesmas Setabelan Surakarta Di Masa Pandemi Covid-19


Oleh :
Sophia Marwah - R0319057 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK

Sophia Marwah. R0319057. 2023. ASUHAN KEBIDANAN TERINTEGRASI PADA NY. S UMUR 21 TAHUN DI PUSKESMAS SETABELAN SURAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19. Program Studi D III Kebidanan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret

Ruang Lingkup: Asuhan kebidanan terintegrasi pada Ny. S dimulai dari hamil, bersalin, nifas, BBL, dan KB sesuai standar asuhan kebidanan.

Pelaksanaan: Asuhan kehamilan dengan anemia ringan Hb: 10,4 gr/dl memberikan tablet Fe 60 mg 2x1, terjadi braxton hicks pada usia kehamilan 37+5 minggu. Asuhan persalinan normal dengan ruptur perineum. Asuhan BBL dengan ikterus fisiologis hari ke-5 memberikan konseling terkait bayi ikterik. asuhan nifas normal. asuhan KB memberikan informasi terkait kontrasepsi yang tidak mempengaruhi produksi ASI.

Evaluasi: Asuhan kehamilan selama 3 bulan, kadar Hb menjadi 12,4 gr/dl. Persalinan normal di rumah sakit. Asuhan nifas normal. Asuhan BBL pada KN III bayi sudah tidak kuning. Asuhan KB ibu memilih menggunakan KB suntik 3 bulan.

Simpulan dan Saran: Asuhan kebidanan sesuai kewenangan bidan, tidak terdapat kesenjangan pada pemberian asuhan. Diharapkan bagi profesi untuk memberikan informasi cara menyusui yang benar, bagi klien untuk menyusui secara adekuat agar tidak terjadi ikterik.

 

Kata Kunci: Asuhan Kebidanan Terintegrasi, Puskesmas Setabelan, Pandemi Covid-19.