Abstrak


ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN SERTA PERSEPSI RISIKO EKSPOR TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA EMKL PT SILKARGO INDONESIA


Oleh :
Putra Nurilismi Khoirunisa - V1220061 - Sekolah Vokasi

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan studi lapangan bahwa harga, kualitas pelayanan dan persepsi risiko di PT Silkargo Indonesia masih ditemukan sebuah permasalahan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis mengenai harga, kualitas pelayanan dan persepsi risiko terhadap kepuasan pelanggan. Penulis juga menjelaskan permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan faktor tersebut.

Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Metode pendekatan menggunakan regresi linier berganda dengan mengambil kesimpulan dengan pengujian Uji t, Uji F, dan Uji Koefisien Determinasi. Untuk proses regresi diuji dengan menggunakan pengujian asumsi klasik sehingga tidak memiliki gejala normalitas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas serta menghindari penyimpangan dari asumsi yang ditemui dalam metode regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara harga dengan kepuasan pelanggan. Serta adanya pengaruh dari persepsi risiko secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Namun kualitas pelayanan belum dapat membuktikan hubungan terhadap kepuasan pelanggan.