Abstrak


EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK DAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 SURAKARTA


Oleh :
Hasna Ardinda Kiswaya - K1319036 - Fak. KIP

Hasna Ardinda Kiswaya. K1319036. Pembimbing I: Ira Kurniawati, S.Si., M.Pd. Pembimbing II: Arum Nur Wulandari, S.Pd., M.Pd. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK DAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) model pembelajaran yang lebih baik di antara Gallery Walk dan Project Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 7 Surakarta pada materi statistika, (2) gaya kognitif yang lebih baik di antara Field Dependent atau Field Independent pada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 7 Surakarta pada materi statistika, (3) apakah terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 7 Surakarta pada materi statistika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif eksperimental semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2022/2023 yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X-H sebagai kelas eksperimen dan kelas X-I sebagai kelas kontrol yang masing-masingnya berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil tes yang didapatkan, dilakukan uji keseimbangan rata-rata menggunakan uji-t, uji normalitas menggunakan metode Liliefors, serta uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Analisis data dilakukan menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama dilanjutkan uji komparasi rerata dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa: (1) Model pembelajaran Gallery Walk menghasilkan kemampuan komunikasi matematis yang tidak signifikan berbeda dengan model PjBL pada materi statistika, (2) Siswa dengan gaya kognitif Field Independent memiliki kemampuan komunikasi matematis yang lebih baik dibandingkan siswa dengan gaya kognitif Field Dependent pada materi statistika submateri ukuran pemusatan data, (3) Pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan gaya kognitif Field Independent memiliki kemampuan komunikasi matematis yang lebih baik dibandingkan siswa Field Dependent pada materi statistika. Adapun untuk masing-masing gaya kognitif, model pembelajaran Gallery Walk dan Project Based Learning memberikan pengaruh yang sama terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.