Abstrak


Evaluasi Rancangan Prototype Desain UI/UX Aplikasi Pembelajaran Nahwu Dan Shorof Berbasis Mobile Menggunakan Metode Usability Testing Dan System Usability Scale (SUS)


Oleh :
Farhan Syarifur Rahman - K3519032 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi rancangan prototype desain UI/UX aplikasi pembelajaran nahwu dan shorof berbasis mobile dengan fokus pada para santri di MA Alfalah Jakarta Barat. Metode usability testing dan System Usability Scale (SUS) digunakan sebagai alat pengumpulan data. Pada metode usability testing, aplikasi Maze digunakan untuk menguji tingkat efektivitas dan efisiensi rancangan prototype. Peserta penelitian menyelesaikan tugas-tugas tertentu, dan data interaksi serta waktu yang dibutuhkan dicatat. Metode SUS digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi yang tinggi, dengan skor 97?rdasarkan metode usability testing.

Hasil pengukuran dengan SUS menunjukkan kepuasan pengguna yang baik, dengan skor akhir 81 dengan kategori Acceptable dalam tingkat acceptability, kategori B dalam tingkat grade scale, dan kategori Excellent dalam tingkat adjective rating. Penelitian ini merekomendasikan implementasi lebih lanjut dari rancangan prototype desain UI/UX aplikasi pembelajaran nahwu dan shorof. Implikasi penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pengembang untuk mengoptimalkan rancangan aplikasi dan memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik dalam pembelajaran nahwu dan shorof.