Abstrak


Peran Copywriter dalam Strategi Komunikasi Bus Tingkat Wisata Werkudara Guna Merealisasikan Inovasi Pemasaran di Era Digital Melalui Iklan Komersial


Oleh :
Benedicto Aji Saka Pranoto - V1120032 - Sekolah Vokasi

PERAN COPYWRITER DALAM STRATEGI KOMUNIKASI BUS TINGKAT WISATA WERKUDARA GUNA MEREALISASIKAN INOVASI PEMASARAN DI ERA DIGITAL MELALUI IKLAN KOMERSIAL

Benedicto Aji Saka Pranoto

D-3 Komunikasi Terapan, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Abstrak

Iklan komersial merupakan iklan yang berguna untuk menyebarluaskan informasi atau mempromosikan barang dan jasa suatu produk kepada khalayak umum. Iklan komersial memiliki dua jenis yaitu startegis dan taktis. Iklan komersial Bus Tingkat Wisata Werkudara menggunakan jenis strategis.

Dalam proses pembuatan iklan komersial ini, penulis bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Surakarta untuk pembuatan iklan komersial Bus Tingkat Wisata Werkudara. Sebagai salah satu transportasi wisata Bus Tingkat Wisata Werkudara. Bus ini berjalan melewati beberapa tempat ikonik di Kota Solo sebagai salah satu bentuk promosi wisata.

Penulis berperan sebagai copywriter yang bertugas untuk membuat naskah iklan TVC berdurasi 15 detik, 30 detik, 45 detik, 60 detik, naskah iklan radio, dan naskah brosur. Iklan komersial ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan minat masyarakat untuk menaiki Bus Tingkat Wisata Werkudara. Selama proses pembuatan iklan komersial, penulis menjadi lebih paham tentang job description soal copywriter, dan bagaimana caranya untuk membuat naskah yang baik dan benar.