Abstrak


PENGAJUAN KLAIM ASURANSI NASABAH MENINGGAL PADA BANK RAKYAT INDONESIA UNIT PASAR KLIWON SURAKARTA


Oleh :
Aprilina Niken Lestari - V1720010 - Sekolah Vokasi

Tujuan pada penilitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengajuan klaim asuransi nasabah meninggal dunia. Manfaat yang diterima dari pengajuan klaim asuransi serta kendala yang terjadi pada saat melakukan pengajuan klaim asuransi nasabah meninggal dunia pada Bank Rakyat Indonesia Unit Pasar Kliwon.

            Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang penelitiannya bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melakukan observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dilakukan dengan wawancara kepada Customer Service, debitur dan pihak ahli waris yang berada di Bank BRI Unit Pasar Kliwon, sedangkan data sekunder diperoleh melalui referensi lain seperti buku, peraturan perundang-undang, jurnal serta penelitian terdahulu.

            Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Rakyat Indonesia Unit Pasar Kliwon telah melakukan prosedur yang berkaitan dengan pengajuan klaim asuransi nasabah meninggal dunia yang digunakan untuk mengcover sisa pinjaman kredit yang masih ada. Untuk mendapatkan manfaat yang diterima dari pengajuan klaim asuransi jiwa serta kendala yang dihadapi saat melakukan pengajuan klaim asuransi jiwa.