Abstrak


ASUHAN KEBIDANAN TERINTEGRASI PADA NY. F UMUR 23 TAHUN DI PUSKESMAS GAJAHAN SURAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19


Oleh :
Usnida Oktaviani Nurul Ula - V4320062 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK

Usnida Oktaviani Nurul Ula. V4320062. 2033. ASUHAN KEBIDANAN TERINTEGRASI PADA NY. F UMUR 23 TAHUN DI PUSKESMAS GAJAHAN SURAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19. Program Studi D III Kebidanan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta. 

Ruang Lingkup : Asuhan kebidanan terintegrasi pada Ny. F meliputi asuhan kehamilan, persalinan, bayi baru lahir, dan keluarga berencana (KB) sesuai standar asuhan kebidanan.

Pelaksanaan : Asuhan kehamilan normal diberikan sesuai dengan kebutuhan pasien. Asuhan persalinan berlangsung secara normal spontan, tetapi bayi tidak dilakukan IMD. Asuhan BBL normal dan terdapat ikterik pada bayi. Asuhan nifas berlangsung normal dan tidak ada tanda bahaya nifas. Asuhan KB dengan memberikan informasi mengenai alat kontrasepsi.

Evaluasi : Asuhan kehamilan normal, asuhan persalinan normal spontan, asuhan bayi baru lahir normal, asuhan nifas normal, dan ibu memilih kontrasepsi implan.

Simpulan dan Saran: Asuhan kebidanan berkelanjutan telah diberikan terdapat kesenjangan pada asuhan persalinan, yaitu tidak dilakukan IMD pada bayi. Diharapkan tenaga kesehatan dapat meningkatkan profesionalime pada pelayanan kesehatan sehingga diharapkan tercapainya mutu pelayanan kesehatan yang lebih baik.