Abstrak


Systematic Literature Review: Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying Siswa


Oleh :
Zulfa Sholihati Hasanah - K3118080 - Fak. KIP

Zulfa Sholihati Hasanah. K3118080. SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2023.

Peran pola asuh orang tua dalam membentuk perilaku anak sangat penting. Salah satu perilaku yang dapat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua adalah perilaku agresif, sebagai contoh melakukan tindak bullying di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tipe pola asuh orang tua; (2) mendeskripsikan mengenai bentuk perilaku bullying di kalangan siswa; serta (3) mendeskripsikan pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku bullying pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian systematic literature review berdasarkan teori oleh Kitchenham (2009). Sumber data penelitian ini meliputi artikel yang berisi pola asuh orang tua terhadap perilaku bullying siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi.

Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat empat tipe pola asuh orang tua yang kerap diterapkan yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, pola asuh permisif, dan pola asuh penelantar. Orang tua dengan tipe pola asuh otoriter cenderung menjadi orang tua yang strict dan keras terhadap anaknya, sedangkan orang tua dengan tipe pola asuh demokratis cenderung memberikan kasih sayang berlimpah dan menyertakan diskusi dengan anak di segala situasi, adapun orang tua dengan tipe pola asuh permisif cenderung memanjakan dan membebaskan sang anak, dan terakhir untuk orang tua penelantar mereka cenderung mengabaikan dan tidak peduli dengan sang anak; (2) perilaku bullying yang terjadi di sekolah meliputi bullying secara tradisional (verbal, fisik, relasional) dan cyberbullying yang terjadi di media sosial; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap perilaku bullying siswa di sekolah, perilaku orang tua yang dilihat dan diajarkan di rumah mempengaruhi perilaku anak dalam bersosialisasi di lingkungan luar rumahnya. Orang tua yang menggunakan pola asuh otoriter memberikan pengaruh terbesar dalam pembentukan perilaku anak yang agresif dan mendorong anak melakukan bullying terhadap teman sebayanya.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah pola asuh orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap pembentukan perilaku anak, baik secara langsung maupun tidak langsung, salah satunya adalah perilaku agresif yang mengarah pada tindak bullying di lingkungan sekolah. Penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber informasi tambahan untuk penelitian selanjutnya yang membahas mengenai pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku bullying siswa di sekolah.