Abstrak


Eksplorasi Teknik Tritik dengan Pewarna Teh pada Perancangan Tekstil Pakaian


Oleh :
Dewi Astuti - C0919011 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Dewi Astuti. C0919011. 2023. Eksplorasi Teknik Tritik Dengan Pewarna Teh Pada Perancangan Tekstil Pakaian. Teknik tritik di kota Surakarta mempunyai peluang yang besar untuk dikembangkan karena motif-motif yang dihasilkan kurang beragam, sehingga diperlukan eksplorasi mengenai teknik tritik agar menciptakan motif-motif yang lebih beragam. Perancangan karya ini menggunakan pewarna teh dari brand tertentu yang menyediakan banyak varian. Varian teh yang berbeda-beda mempunyai peluang yang besar untuk dikembangkan sebagai variasi warna karena menciptakan warna yang berbeda-beda dengan konsistensi yang stabil untuk memperkaya khasanah pewarna alam dari teh. Perancangan karya ini difungsikan sebagai produk tekstil pakaian untuk wanita di semua kalangan usia.

Perancangan karya ini menggunakan metode penciptaan karya seni oleh S.P Gustami yang meliputi tahap eksplorasi, tahap perancangan, dan tahap perwujudan.

Hasil dari perancangan ini adalah produk tekstil pakaian dengan teknik tritik dan pewarna teh. Teknik tritik dapat dikembangkan ke dalam bentuk-bentuk geometris seperti garis, lingkaran, segi enam, meander, dan persegi dengan menerapkan ketentuan jarak jahitan. Hasil dari pewarnaan menggunakan varian teh dari brand tertentu dapat menciptakan variasi warna yang berbeda-beda.

Kata Kunci: Motif Geometris, Teh, Teknik Tritik