Abstrak


ANALISIS SWOT PADA PENGOPERASIAN MOBILE BANKING DI PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TENGAH (BANK JATENG) KCK SURAKARTA


Oleh :
Arifah Ayu Devy Safitri - V1720012 - Sekolah Vokasi

Tujuan dari penelitian ini ada dua yaitu, yang pertama untuk mengetahui prosedur penyelesaian kendala pada pengoperasian mobile banking di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) KCK Surakarta. Yang kedua untuk mengidentifikasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) pada pengoperasian mobile banking menggunakan analisis SWOT di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) KCK Surakarta.

Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan bersifat deskriptif kualitatif yang menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data menggunakan analisis SWOT yang terdiri dari strength, weakness, opportunities, dan threats.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 (tiga) klasifikasi prosedur penyelesaian kendala pada pengoperasian mobile banking di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) KCK Surakarta. Selain itu, berdasarkan analisis SWOT pada pengoperasian mobile banking di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) KCK Surakarta, Bima mobile mempunyai 4 (empat) aspek kekuatan (strength) yang signifikan. Namun, di sisi lain mempunyai 4 (empat) aspek kelemahan (weakness) Bima mobile yang perlu diperhatikan. Terdapat pula 2 (dua) aspek peluang (opportunities) yang dimiliki Bima mobile dan terdapat 2 (dua) ancaman (threats) yang perlu dihadapi Bima mobile.