Abstrak


Analisis Optimalisasi Sistem Pelayanan PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Surakarta di Era Teknologi Digital


Oleh :
Augneta Ayu Hendrawati - V1720015 - Sekolah Vokasi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui optimlaisasi sistem pelayanan PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Surakarta di era teknologi digital. Perubahan peserta TASPEN Surakarta yang terus meningkat, masih ditemukan beberapa kendala dalam melakukan optimalisasi sistem pelayanan di era teknologi digital. Kendala  tersebut diantaranya mayoritas peserta sudah berusia lanjut dan beberapa peserta tinggal di wilayah yang tidak bisa menjangkau internet. Oleh karena kendala tersebut, para peserta PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Surakarta lebih memilih datang ke kantor untuk mendapatkan pelayanan. Apabila antrian peserta di Kantor TASPEN Surakarta menumpuk, maka pelaynanan yang diberikan menjadi kurang efektif, efisien, dan terintegrasi. 
Desain atau jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi langsung di lapangan. Lokasi penelitian bertempat di PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Surakarta. kegiatan penelitian berlangsung selama dua bulan yakni pada periode 6 februari sampai dengan 31 maret tahun 2023. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis SWOT, untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam mengoptimalkan sistem pelayanan PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Surakarta di era teknologi digital.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pelayanan PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Surakarta di era teknologi digital belum optimal. Pada hasil analisis SWOT ditemukan banyak kelemahan dan ancaman. Sehingga diperlukan strategi yang sesuai dengan kelemahan serta ancaman tersebut.