Abstrak


ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PRODUK TABUNGAN SIMPEDES PT. BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) UNIT GONDANGREJO


Oleh :
Frans Immanuel - V1720042 - Sekolah Vokasi

Strategi Pemasaran merupakan suatu kegiatan yang bertujan untuk mengatur dan merancang aktivitas yang berhubungan dengan penjualan sebuah produk dari suatu perusahaan. Adanya strategi pemasaran yang tepat akan membuat produk perusahaan tersebut akan dikenal luas oleh masyarakat luas dan meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana BRI Unit Gondangrejo mengatur strategi yang berguna dalam meningkatkan produk tabungan Simpedes di saat  kondisi yang terus berubah dan persaingan yang terus terjadi di kawasan Gondangrejo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Dalam metode ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu studi pustaka dan observasi. Kegiatan observasi dilakukan dengan cara mengamati aktivitas pemasaran produk tabungan Simpedes di lingkungan BRI Unit Gondangrejo dan untuk studi pustaka penulis mencari beberapa sumber di internet untuk menambah referensi dalam pembuatan Tugas Akhir.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan penjualan produk tabungan Simpedes adalah menggunakan strategi 5P, yaitu (Product, Price, Place, Promotion, People). Strategi pemasaran yang dibuat juga berlandaskan dari analisis SWOT yang dibantu oleh alat analisis data seperti EFAS&IFAS dan Matriks SWOT untuk memaksimalkan pembuatan kebijakan dan strategi.