Abstrak


Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Pengguna Bima Mobile Bank Jateng Cabang Sukoharjo


Oleh :
Fitria Ayu Windarti - V1720041 - Sekolah Vokasi

Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk memperoleh penjelasan yang lebih mendalam terkait dengan strategi pemasaran Bank Jateng dalam meningkatkan pengguna Bima Mobile. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui implementasi, hambatan, dan solusi dalam memasarkan  Bima Mobile.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran mendalam mengenai suatu fenomena sosial dengan menjawab pertanyaan apa, bagaimana, dan mengapa. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan hasil wawancara dan observasi langsung pada Bank Jateng Kantor Cabang Sukoharjo. Data sekunder diperoleh dari hasil studi pustaka yang berasal dari buku, website, penelitian sebelumnya, jurnal, dan sumber lainnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Jateng Kantor Cabang Sukoharjo dalam menentukan strategi pemasaran memperhatikan segmentasi pasar, target pasar, posisi pasar, dan bauran pemasaran. Implementasi strategi pemasaran dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan antara satu dengan yang lainnya. Ada beberapa kendala pada saat memasarkan Bima Mobile yang berasal dari pihak internal dan pihak eksternal.