Abstrak


PENGARUH EFIKASI DIRI AKADEMIK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 KARANGANYAR


Oleh :
Thobaroni Almahdi - K3118074 - Fak. KIP

Thobaroni Almahdi. PENGARUH EFIKASI DIRI AKADEMIK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 KARANGANYAR. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2023.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi: (1) tingkat kemandirian belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Karanganyar; (2) tingkat efikasi diri akademik siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Karanganyar; (3) pengaruh efikasi diri akademik terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Karanganyar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Karanganyar yang berjumlah 256 peserta didik dengan sampel 156 peserta didik. Data penelitian diperoleh dari penyebaran instrumen skala efikasi diri akademik dan instrumen kemandirian belajar. Validitas data menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif untuk mengetahui tingkat efikasi diri akademik dan tingkat kemandirian belajar siswa sedangkan stastistik inferensial untuk mengalisis hipotesis dengan teknik analisis regresi linier Pearson Correlation Product Moment dengan bantuan IBM SPSS.

Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan rata-rata siswa memiliki tingkat kemandirian belajar yang sedang dan rata-rata efikasi diri akademik siswa dalam kategori sedang. Hasil uji prasyarat sebelum inferensial menunjukkan skor signifikansi uji normalitas sebesar 0.200, sehingga data berdistribusi normal dan skor signifikansi uji linearitas sebesar 0,463 artinya kedua variabel memiliki hubungan linier. Hasil penelitian secara inferensial menunjukkan adanya pengaruh signifikan variabel efikasi diri akademik terhadap kemandirian belajar siswa berdasarkan nilai korelasi yaitu r 0.456 dan nilai signifikansi 0,000 < 0>

Penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber referensi bagi peneliti selanjutnya yang akan meneliti dengan variabel yang serupa. Penelitian ini juga bisa dijadikan referensi guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan bimbingan kelompok maupun bimbingan klasikal guna meningkatkan efikasi diri akademik yang berpengaruh terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa.

 

Kata kunci: Efikasi Diri Akademik, Kemandirian Belajar, Siswa SMP