Abstrak


ANALISIS MEKANISME APLIKASI EBUPOT UNIFIKASI DALAM PEMENUHAN KEWAJIBAN PERPAJAKAN PPH PASAL 23 & PASAL 4 AYAT 2 PADA PT.PCY


Oleh :
Fatikha Karunia Putri - V1520038 - Sekolah Vokasi

Tugas akhir ini membahas tentang analisis mekanisme aplikasi e-Bupot Unifikasi dalam pemenuhan kewajiban perpajakan PPh Pasal 23 dan PPh Pasal 4 ayat 2 pada PT.PCY. Tujuan tugas akhir ini untuk mengetahui penerapan aplikasi e-Bupot Unifikasi dalam melaksanakan kewajiban perpajakan PPh Pasal 23 dan PPh Pasal 4 ayat 2 di PT.PCY apakah telah sesuai dengan peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-24/PJ/2021.

Tugas akhir ini dibuat dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Perolehan informasi dilakukan dengan studi kasus observasi, wawancara dan dokumentasi.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah PT.PCY telah melaksanakan kewajiban perpajakan PPh Pasal 23 dan PPh Pasal 4 ayat 2 dengan menggunakan Aplikasi e-Bupot Unifikasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pada penerapannya aplikasi e-Bupot Unifikasi terdapat kendala, salah satunya server e-Bupot Unifikasi sering mengalami eror pada saat mendekati waktu pelaporan. Upaya yang dilakukan dengan melakukan pelaporan lebih awal dari batas waktu pelaporan e-Bupot Unifikasi.