Abstrak


Analisis Kerusakan Pompa Hidrolik Excavator R 330LC-9s (Studi Kasus di Rental Alat Berat, Yogyakarta)


Oleh :
Juan Pratama Aditya - K2519048 - Fak. KIP

Juan Pratama Aditya. K2519048. Pembimbing I: Dr. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng. Pembimbing II: Towip, S.Pd., M.T. ANALISIS KERUSAKAN POMPA HIDROLIK EXCAVATOR R 330LC-9s (Studi
Kasus di Rental Alat Berat, Yogyakarta). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2023.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk: 1) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakan pompa excavator ukuran medium dengan tipe 330LC- 9s; 2) Menganalisis dampak kerusakan pompa terhadap kinerja excavator ukuran medium dengan tipe 330LC-9s. Jenis penelitian yang diambil adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan studi kasus menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Populasi dari sampel penelitian ini adalah karyawan di bengkel rental excavator dengan sampel penelitian kepala mekanik, teknisi ahli, dan tiga orang operator. Peneliti melakukan observasi partisipasi aktif, dimana peneliti ikut terlibat dalam beberapa aktivitas yang dilakukan oleh informan sambil melakukan pengamatan di bengkel rental excavator. Prosedur penelitian ini adalah: 1) Menyiapkan pedoman wawancara, 2) melakukan observasi, 3) wawancara terhadap responden, melakukan dokumentasi, penempatan, pengecekan, dan pengambilan data pada unit agar menghasilkan pembahasan yang kompleks, menyeluruh, dan akurat. Hasil penelitian ini adalah: 1) Faktor yang menjadi penyebab rusaknya pompa hidrolik excavator R 330LC-9s adalah operator tidak memperhatikan buku petunjuk dalam pengoperasian alat di lapangan, penggunaan alat yang tidak sesuai kapasitasnya, kurangnya melakukan perawatan secara berkala, dan mekanik yang memperbaiki tidak sesuai prosedur.
2) Apabila pompa hidrolik excavator R 330LC-9s mengalami masalah maka, menjadi low power sehingga bising dan pengoperasional fungsi tidak maksimal. Maka perlu dilakukannya penggantian spare part, mengganti oli dan maintenance secara berkala baik mesin maupun mekanik secara prosedural.