Abstrak


Pengaruh Literasi Digital terhadap Kemampuan Guru dalam Mengoperasikan Aplikasi Rapor Digital Sekolah Dasar di Kecamatan Musuk


Oleh :
Fatmawati Kumalasari - K7119086 - Fak. KIP

Fatmawati Kumalasari. K7119086. Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemampuan Guru dalam Mengoperasikan Aplikasi Rapor Digital Sekolah Dasar di Kecamatan Musuk. Pembimbing I: Dr. Riyadi, M.Si. Pembimbing II: Hadiyah, S.Pd.M.Pd. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2023.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh literasi digital terhadap kemampuan guru dalam mengoperasikan aplikasi rapor digital sekolah dasar di Kecamatan Musuk. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian asosiatif deskriptif. Populasi penelitian yaitu seluruh guru sekolah dasar di kecamatan musuk. Sampel dihitung menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data literasi digital guru sekolah dasar dan kemampuan guru dalam mengoperasikan aplikasi rapor digital diambil menggunakan angket melalui media google formulir. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas kolmogotov-Smirnov, Uji Heteroskedastisitas glejser dan uji hipotesis yaitu Persamaan linear sederhana, uji linearitas, uji keberartian koefisien regresi, uji korelasi, koefisien determinasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh literasi digital terhadap kemampuan guru dalam mengoperasikan aplikasi rapor digital. Pengaruh tersebut bermakna positif dimana kontribusi pengaruh literasi digital terhadap kemampuan guru dalam mengoperasikan aplikasi rapor sebanyak 42%. Rendahnya koefisien determinasi 0,420 menunjukkan bahwa variabel literasi digital bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kemampuan guru dalam mengoperasikan aplikasi rapor digital.