Abstrak


SISTEM INFORMASI PELAYANAN LELANG BARANG JAMINAN MENGGUNAKAN APLIKASI PASSION DI PT PEGADAIAN (PERSERO) UPC MASARAN, KABUPATEN SRAGEN


Oleh :
Bimo Ilham Saputro - V0720018 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK

Bimo Ilham Saputro. V00720018. Sistem Informasi Pelayanan Lelang Barang Jaminan Menggunakan Aplikasi Passion di PT Pegadaian (Pesero) UPC Masaran, Kabupaten Sragen. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret. 2023. 101 Halaman.

Pada zaman yang penuh dengan perkembangan ini menuntut semua perusahaan, baik milik negara maupun perusahaan milik swasta untuk mengikuti pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan informasi teknologi era 5.0 yang berkembang pesat sangat mempengaruhi pada aspek kehidupan, seperti yang terdapat pada sistem dan cara kerja suatu perusahaan yang kini sudah serba digital. PT Pegadaian (Persero) merupakan Lembaga keuangan non perbankan yang menyediakan dana dengan sistem gadai dan dapat meyesuaikan kondisi dari nasabahnya. PT Pegadaian (Persero) sendiri menjadi alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan dana dengan mudah, cepat, dan aman. PT Pegadaian juga menggunakan aplikasi sistem informasi berbasis IT yang disebut aplikasi sistem informasi PASSION. Sebagai sarana untuk mencatat seluruh kegiatan transaksi yang ada di PT Pegadaian.

 Pengamatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara jelas mengenai Sistem Informasi Pelayanan Lelang Barang Jaminan di PT Pegadaian (Persero) UPC Masaran, Kabupaten Sragen (PASSION) dan kendala dalam penggunaan sistem informasi aplikasi passion di PT Pegadaian (Persero) UPC Masaran, Kabupaten Sragen. Jenis Pengamatan yang digunakan dalam penulisan laporan tugas akhir ini  yaitu pengamatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pengamatan menunjukan bahwa PASSION adalah aplikasi untuk bisnis dan transaksi yang diterapkan sejak tahun 2014 oleh PT Pegadaian (Persero) UPC Masaran, Kabupaten Sragen. Dengan adanya aplikasi PASSION sangatlah membantu PT Pegadaian (Persero) dalam memaksimalkan kinerja pegawai terkait seluruh transaksi dan operasional yang ada di Pegadaian agar lebih efektif.

Kata Kunci : Lelang, PASSION, Sistem Informasi