Abstrak


Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia Pada Karangan Deskripsi Peserta Didik Kelas V SDN Karangasem 1 No.61 Surakarta


Oleh :
Dewi Masithoh - K7119062 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan ejaan bahasa Indonesia dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan ejaan bahasa Indonesia pada karangan peserta didik kelas V Sekolah Dasar.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Sumber data berupa karangan deskripsi peserta didik. Dengan data berupa kata, kalimat, dan paragraf yang terdapat pada karangan deskripsi serta hasil wawancara dengan peserta didik. Subjek penelitian yang digunakan sejumlah 24 peserta didik kelas V. Teknik pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Dengan teknik analisis data menggunakan analisis kesalahan berbahasa milik Tarigan.

Hasil penelitian menunjukkan bentuk-bentuk kesalahan ejaan pada karangan deskripsi yang meliputi kesalahan pemakaian huruf sebesar 52.09%, kesalahan penulisan kata sebesar 20%, kesalahan pemakaian tanda baca sebesar 27%, dan kesalahan penulisan unsur serapan sebesar 0.91%. dan faktor yang mempengaruhi kesalahan ejaan meliputi: (1) kurangnya pemahaman peserta didik tentang ejaan, (2) kurangnya latihan dan pembiasaan, (3) peserta didik kesulitan menuliskan ejaan dengan baik dan benar sesuai dengan pedomaan penggunaan ejaan bahasa Indonesia.

Kata Kunci: Ejaan Bahasa Indonesia, Karangan Deskripsi, Kesalahan Berbahasa, Bentuk Kesalahan, Faktor Yang Mempengaruhi.