Abstrak


Penanganan Kredit Bermasalah pada Masa Pandemi Covid-19 di PT. BPR Bank Daerah Karanganyar(Perseroda)


Oleh :
Fatrika Putri Oktasya - V1720036 - Sekolah Vokasi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam mengenai  penanganan kredit bermasalah pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala penanganan kredit bermasalah pada masa Pandemi Covid-19. Selain itu juga untuk mengetahui penanganan kendala penanganan kredit bermasalah pada masa Pandemi Covid-19 di PT. BPR Bank Daerah Karanganyar (Perseroda). 

Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan teknik pembahasan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi Pustaka. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung melalui wawancara dengan Kepala Bagian Hukum dan Penyelesaian Kredit Bermasalah & Recovery Write Off (WO) di PT. BPR Bank Daerah Karanganyar (Perseroda). Data sekunder diperoleh dari buku-buku, referensi, tugas akhir, skripsi, jurnal, artikel, serta dari studi online.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan penanganan kredit bermasalah yang dilakukan oleh PT.BPR Bank Daerah Karanganyar (Perseroda) sesuai dengan kebijakan yang diterapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan. Kendala yang dialami oleh PT.BPR Bank Daerah Karanganyar (Perseroda) yaitu terjadi pada sisi Capacity/Cashflow (Kapasitas/Keuangan), sisi Collateral (Agunan), dan juga dari sisi Character (Karakter). Penanganan kendala saat melakukan penyelesaian kredit bermasalah dilakukan sesuai dengan kendala yang dialami. Setiap kendala memiliki penanganan masing-masing.