Abstrak


Multiplayer Virtual Reality Anatomart Studi Kasus : Otak, Pernafasan, Pencernaan dan Ginjal


Oleh :
Mika Abigael Br Sebayang - V3420048 - Sekolah Vokasi

MIKA ABIGAEL BR SEBAYANG, 2023. MULTIPLAYER VIRTUAL REALITY ANATOMART STUDI KASUS : OTAK, PERNAFASAN, PENCERNAAN DAN GINJAL, Program Studi Diploma III Teknik Informatika Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Multiplayer Virtual Reality Anatomart Studi Kasus : Otak, Pernafasan, Pencernaan Dan Ginjal merupakan aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dengan memberikan penjelasan mengenai anatomi manusia terkhusus organ otak, organ ginjal, saluran pernapasan, saluran pencernaan.

Pengembangan multiplayer virtual reality ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahapan diantaranya Pengonsepan (Concept), Perancangan (Design), Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), Pengujian (Testing) dan Pendistribusian (Distribution).

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi multimedia virtual reality yang dapat dimainkan beberapa pemain yang menyajikan penjelasan dan materi mengenai anatomi manusia baik itu dalam bentuk tulisan, objek 3D, maupun audio. Diharapkan dengan adanya multiplayer virtual reality ini dapat membantu pembelajaran dan meningkatkan pengetahuan mengenai anatomi.