Abstrak


Peran Editor dalam Produksi Iklan Komersial di Sadari Kopi “Kopi Rehat”


Oleh :
Kelvin Alfiano Arisandy - V1120090 - Sekolah Vokasi

Kelvin Alfiano Arisandy. V1120090. “Peran Editor Dalam Produksi Iklan Komersial Di Sadari Kopi “Kopi Rehat”. Tugas Akhir Progam Studi Diploma Tiga Komunikasi Terapan. Sekolah Vokasi. Universitas Sebelas Maret.

Iklan adalah segala bentuk promosi ide, barang, atau jasa yang digunakan oleh pelaku bisnis untuk meningkatkan ketertarikan dan penjualan produk. Adanya iklan yang efektif dapat membantu sebuah perusahaan untuk mendapatkan dana yang dapat digunakan untuk riset dan pengembangan produk baru. Selain itu iklan dapat digunakan untuk membangun citra dab identitas merek. Dalam iklan juga terdapat strategi pemasaran seperti promosi penjualan, diskon, atau hadiah yang ditawarkan kepada konsumen.

Pada laporan ini memuat penjelasan tentang jenis-jenis iklan komersial. Untuk memperkenalkan kopi rehat kepada konsumen, ada banyak cara yang dapat dilakukan sadari kopi, salah satunya yaitu melalui iklan. Penulis membuat Iklan Komersial yang efektif dan menarik berupa iklan audio visual berupa TVC, iklan audio berupa radio, dan iklan visual berupa x-banner dan juga merchandise berupa tumbler.

Dalam pembuatan iklan ini, tentunya melibatkan berbagai pihak seperti Creative Dircetor, Copywriting, Art Director, Editor. Dalam tugas akhir ini, penulis menjadi editor yang bertanggung jawab dalam proses terakhir yaitu pada pascaproduksi, meliputi pengumpulan video, penyuntingan video, dan penggabungan video dengan elemen-elemen lain hingga dapat diputar dengan berbagai media player dan dapat diunggah kedalam sosial media. Selain itu penulis sebagai editor dituntut untuk dapat mengatasi masalah yang terjadi dalam proses editing, problem solving, dan mengetahui cara penggunaan teknologi untuk menyelesaikannya.