Abstrak


Pandangan Pengarang terhadap Perempuan dalam Novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu: Kajian Sosiologi Sastra


Oleh :
Herliana Sari Widiyani - B0219029 - Fak. Ilmu Budaya

Herliana Sari Widiyani. B0219029. 2023. Pandangan Pengarang terhadap Perempuan dalam Novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu: Kajian Sosiologi Sastra. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Alasan yang mendasari dilakukannya penelitian ini, yakni adanya hubungan antara latar belakang sosial pengarang dengan gambaran tokoh perempuan dalam novel Nayla. Peneliti ingin mengetahui latar belakang sosial pengarang dan gambaran tokoh perempuan dalam novel Nayla serta hubungan antara keduanya yang berupa pandangan pengarang terhadap perempuan dalam novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yakni: (1) bagaimana latar belakang sosial Djenar Maesa Ayu? (2) bagaimana gambaran tokoh perempuan dalam novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu? (3) bagaimana pandangan pengarang terhadap perempuan dalam novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu?

Tujuan penelitian ini, yakni: (1) mengetahui latar belakang sosial Djenar Maesa Ayu, (2) mengetahui gambaran tokoh perempuan dalam novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu, (3) mengetahui pandangan pengarang terhadap perempuan dalam novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu.

Simpulan penelitian ini mencakup tiga hal, yakni: (1) latar belakang sosial Djenar Maesa Ayu tergolong dalam kelompok feminis radikal, karyanya banyak mengangkat topik tentang perempuan dan seksualitas yang cenderung radikal dan terlalu bebas, (2) gambaran tokoh perempuan dalam novel Nayla ditampilkan sebagai sosok yang kuat, mandiri, dan penuh dengan ambisi; berani menyuarakan dirinya; dan setara dengan laki-laki, (3) pandangan pengarang terhadap perempuan dalam novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu cenderung radikal, hal ini dapat dilihat dari gambaran tokoh perempuan dalam novel Nayla yang juga cenderung radikal selaras dengan latar belakang sosial Djenar Maesa Ayu sebagai kelompok feminis radikal.