Abstrak


Analisis SWOT terhadap Pencapaian Target dan Realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Kleco


Oleh :
Dheanda Yultanza Rizky Putri - V1720025 - Sekolah Vokasi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai pencapaian target realisasi KUR yang dilakukan oleh PT. Bank BRI Unit Kleco. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data yang digunakan bersumber dari kegiatan observasi, wawancara, serta studi pustaka dari buku dan jurnal yang relevan terhadap tema penelitian tugas akhir ini.

Penelitian dilakukan menggunakan analisis SWOT dengan matriks IFAS (Faktor Internal) dan EFAS (Faktor Eksternal). Faktor tersebut meliputi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh Bank BRI Unit Kleco. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank BRI Unit Kleco ada kalanya dapat mencapai target realisasi KUR, juga ada kalanya tidak dapat mencapai target realisasi KUR.

Penelitian ini menghasilkan strategi yang dapat digunakan oleh Bank BRI Unit Kleco untuk dapat mencapai target realisasi KUR, penelitian ini juga menunjukkan bahwa Bank BRI Unit Kleco berada pada posisi perusahaan yang baik dan menguntungkan. Hal tersebut didukung oleh empat strategi yang dapat dilakukan oleh Bank BRI Unit Kleco diantaranya Strategi S-O (Strength-Opportunities), Strategi W-O (Weakness-Opportunities), Strategi S-T (Strength-Threats) dan Strategi W-T (Weakness-Threats).