Abstrak


Aspek Kejiwaan Para Tokoh dalam Novel Srimpi Pamor Karya Purwadmadi (Tinjauan Psikologi Sastra)


Oleh :
Hidayatul Millati - B0119028 - Fak. Ilmu Budaya

Hidayatul Millati. B0119028. Aspek Kejiwaan Para Tokoh dalam Novel Srimpi Pamor Karya Purwadmadi (Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi: Program Studi Sastra daerah Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) Struktur dalam novel Srimpi Pamor  karya Purwadmadi menurut Robert Stanton (2) bentuk kejiwaan para tokoh dalam novel  Srimpi Pamor karya Purwadmadi (3)bentuk penyelesaian masalah dalam novel Srimpi Pamor karya Purwadmadi.

Tujuan  penelitian ini  adalah: (1) mendeskripsikan struktur dalam novel Srimpi Pamor karya Purwadmadi (2) mendeskripsikan bentuk kejiwaan para tokoh dalam novel Srimpi Pamor karya Purwadmadi menurut teori psikoanalisis sigmund freud (3) menemukan bentuk penyelesaian masalah dalam novel Srimpi Pamor  karya Purwadmadi.

Penelitian ini termasuk penelitian sastra dengan teknik deskriptif kualitatif. Sumber data utama yang dipakai yaitu novel Srimpi Pamor karya Purwadmadi. Data yang dipakai dalam penelitian berupa isi teks novel Srimpi Pamor karya Purwadmadi.  Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan dua teknik yaitu: analisis struktural dan analisis psikologi sastra.

Hasil  analisis dari penelitian yaitu: (1) unsur struktural dalam novel   Srimpi  Pamor karya Purwadmadi  bahwa semua unsur struktural mempunyai hubungan erat karena saling berkaitan, (2) unsur psikologi, analisis kejiwaan para tokohnya yang memiliki berbagai masalah dalam hidup dimana Id  berperan penting dalam menjalankan ego dan Superego, (3) melalui penyelesaian masalah para tokoh dalam novel Srimpi Pamor karya Purwadmadi tidak terlepas dari problem kejiwaan tokoh tersebut.