Abstrak


Analisis Pengedalian Persediaan Bahan Baku Daging menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) pada Restoran Padang X


Oleh :
Arella Listi Yuniamara - V1520015 - Sekolah Vokasi

            Pengendalian persediaan adalah kegiatan produksi yang merupakan komponen penting bagi operasional Restoran. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa sistem pengendalian persediaan yang telah dilakukan oleh Restoran Padang X yang dibandingkan dengan penerapan metode Economic Order Quantity (EOQ). Menggunakan data aktual dari pembelian bahan baku dari jumlah persediaan pengaman (safety stock) pada Restoran Padang X.

            Jenis penelitian yang diterapkan yakni metode deskriptif. Analisa ini dilaksanakan dengan membandingkan kebijakan pengendalian persediaan yang telah diterapkan oleh Restoran Padang X dan pengendalian persediaan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ).

            Hasil dari penelitian membuktikan bahwa pengendalian persediaan dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) dapat menghemat total biaya persediaan sebesar Rp 2.519.709,00. Penerapan metode Economic Order Quantity (EOQ) dapat meminimalisir terjadinya persediaan terbuang (lost stock), sehingga kualitas masakan pada Restoran Padang X tetap terjaga dan terjamin sesuai standarisasi.