Abstrak


Pengaruh Good Corporate Governance, Rasio Keuangan, Ukuran Perusahaan dan Strategi Bisnis terhadap Manajemen Laba Dimoderasi Pertumbuhan Penjualan


Oleh :
Fitri Amalia - K7618040 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh good corporate governance terhadap manajemen laba, pengaruh rasio keuangan terhadap manajemen laba, pengaruh ukuran perusahaan terhadap manajemen laba, pengaruh strategi bisnis terhadap manajemen laba dan pengaruh rasio keuangan terhadap manajemen laba yang dimoderasi oleh pertumbuhan penjualan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2022.Penelitian menggunakan kuantitif deksripktif. Sampel pada penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2022. Teknik pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling, terdiri dari 27 perusahaan dengan jumlah observasi sebanyak 162 data. Data yang digunakan  adalah data panel  merupakan gabungan dari data cross section dan data time series,  teknik analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda menggunakan software eviews 9.

Berdasarkan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) good corporate governance yang dihitung dengan indikator kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap manajemen laba (2) rasio keuangan yang dihitung dengan ROA (Return On Assets) Tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, CR (Current Ratio) berpengaruh postif terhadap manajemen laba, DAR (Debt Assets Ratio) berpengaruh positif terhadap manajemen laba. (3) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba (4) strategi bisnis berpengaruh positif terhadap manajemen laba (4) pertumbuhan penjualan tidak dapat memoderasi antara rasio keuangan terhadap manajemen laba.