Abstrak


Pemaknaan "Esprit de Corps" dalam Penanaman Kedisiplinan Unit Kegiatan Mahasiswa Marching Band Universitas Sebelas Maret Surakarta


Oleh :
Bintang Ramadhan - K8416015 - Fak. KIP

Bintang Ramadhan. PEMAKNAAN “ESPRIT DE CORPS” DALAM PENANAMAN KEDISIPLINAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA(UKM) MARCHING BAND UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2023. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang  pemaknaan Esprit de Corps dalam pembentukan perilaku disiplin dan proses penanaman kedisiplinan dari kegiatan latihan UKM Marching Band Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi sebagai partisipan aktif dan wawancara mendalam kepada narasumber yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan dimaknai melalui slogan Esprit de Corps yang memiliki arti tentang semangat persatuan. Esprit de Corps menjadi dasar terbentuknya peraturan, rasa solidaritas, dan keseragaman yang diberlakukan pada saat kegiatan latihan. Kedisiplinan ditanamkan menggunakan metode gabungan dari otoriter dan demokrasi dengan melakukan hukuman yang bersifat edukatif. Penanaman kedisiplinan dilakukan dengan baik, namun memiliki kekurangan dalam hal konsistensi untuk memberlakukan tindak pendisiplinan.