Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dipadu dengan Course Review Hooray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA


Oleh :
Adinda Ramadhan Putri P - K7616002 - Fak. KIP

                       ABSTRAK

Adinda Ramadhan Putri Pramita. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DIPADU DENGAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2022.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dipadu dengan Course Review Horay dapat dijadikan upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi.

Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Sumber data yang digunakan merupakan data penelitian terdahulu yang relevan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dipadu dengan Course Review Horay untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis isi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dipadu dengan Course Review Horay seperti mencari informasi yang berkaitan dengan kegiatan berpikir (think), kegiatan berpasangan (pair), kegiatan berbagi (share), dan evaluasai menggunakan CRH memiliki pengaruh terhadap peningkatan kemandirian dalam menggali ide maupun informasi yang dibutuhkan, serta keterampilan peserta didik dalam bertanggungjawab, kerjasama, dan komunikasi.

Kesimpulan yang diperoleh yaitu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dipadu dengan Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi.