Abstrak


Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Laboratorium OTKP SMKN 1 Banyudono


Oleh :
Hidyah Ila Agustina - K7519037 - Fak. KIP

Hidyah Ila Agustina. K7519037. Pembimbing I: Dr. Tri Murwaningsih, M.Si. Pembimbing II: Dr. Tutik Susilowati, S.Sos., M.Si. PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DI LABORATORIUM OTKP SMKN 1 BANYUDONO. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus, 2023. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengelolaan sarana dan prasarana yang ada di laboratorium OTKP SMKN 1 Banyudono, (2) permasalahan yang ditemui mengenai pengelolaan sarana dan prasarana yang ada pada laboratorium OTKP SMKN 1 Banyudono, (3) upaya yang dilakukan dalam mengoptimalkan pengelolaan sarana dan prasarana di laboratorium OTKP SMKN 1 Banyudono. 
Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan snowball sampling. Pengambilan data berupa observasi, wawancara dan analisis dokumen dan arsip. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta dilakukan member checking data yang telah diperoleh kepada seluruh informan. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. 
Hasil dari penelitian di laboratorium OTKP SMKN 1 Banyudono mengenai pengelolaan sarana dan prasarana sebagai berikut: 1) pengelolaan meliputi a) perencanaan, b) pengadaan, c) penyimpanan, d) perawatan, e) pengawasan, f) penghapusan, 2) permasalahan yang ditemui meliputi : a) barang yang diadakan tidak sesuai dengan yang diajukan, b) barang datang tidak langsung didistribusikan, c) keterbatasan ruang laboratorium, d) tidak dilakukan perbaikan secepatnya, e) hilangnya barang kecil, f) tidak adanya laboran khusus, g) belum dilakukan penghapusan, 3) upaya yang dilakukan untuk pengoptimalan meliputi : a) negosiasi, b) mengajukan pada anggaran selanjutnya, c) pihak jurusan proaktif, d) menyimpan alat dan, e) dilakukan perawatan rutin dan insidental, f) membuat peraturan, g) mengusulkan laboran khusus, h) belum dilakukan penghapusan.

Kata Kunci : Pengelolaan, Sarana dan Prasarana, Laboratorium OTKP