Abstrak


Penerapan Metode Latihan Beban untuk Meningkatkan Prestasi Lompat Jauh pada Atlet Club Atletik Pelajar Surakarta


Oleh :
Annissa Siti Sholikah - O0218017 - Fak. Keolahragaan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penerapan metode latihan beban terhadap peningkatan prestasi lompat jauh pada Atlet Club Atletik Pelajar Surakarta melalui Latihan Beban Tahun 2023.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan one group pre-test post-test design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah atlet lompat jauh club atletik pelajar Surakarta yang berjumlah 7 atlet. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan lompat jauh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan perhitungan Statistical Package for the Social Sciences (IBM SPSS) 25.0, analisis kedua menggunakan paired sample t-test untuk melihat perbedaan hasil pre-test dan post-test.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada prestasi lompat jauh dalam menerapkan program latihan latihan beban dengan taraf signifikasi (2-tailed) sebesar 0.000 < 0>

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulakan bahwa Latihan Beban dapat meningkatkan prestasi lompat jauh atlet lompat jauh Club Atletik Pelajar Surakarta dengan membandingkan hasil pre-test dan post-test dengan taraf signifikasi 0,05%.