Abstrak


Hubungan Kepercayaan Diri dan Motivasi Terhadap Prestasi Atlet Tapak Suci Ormawa Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Diah Nurya Asih - O0219035 - Fak. Keolahragaan

Diah Nurya Asih. O0219035. HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI ATLET TAPAK SUCI ORMAWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET TAHUN 2023, Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: 1) Kepercayaan diri dengan prestasi atlet Tapak Suci Ormawa Universitas Sebelas Maret. 2) Motivasi dengan prestasi atlet Tapak Suci Ormawa Universitas Sebelas Maret. 3) Kepercayaan diri dan motivasi dengan prestasi atlet Tapak Suci Ormawa Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah atlet Tapak Suci Ormawa Universitas Sebelas Maret berjumlah 60 atlet. Sampel dari penelitian ini berjumlah 20 atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrument penelitian menggunkan kuesioner dan dokumentasi. Pengujian data dan analisis regresi menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 26.

Dapat dijelaskan hasil analisis data sebagai berikut. 1) Ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri terhadap prestasi atlet dengan nilai signifikansi yang diperoleh kurang dari 0,05 dengan nilai persentase sebesar 26,2%.  2) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi atlet Tapak Suci Ormawa Universitas Sebelas Maret dengan nilai persentase sebesar 48,9%. 3) Ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dan motivasi terhadap prestasi atlet dengan nilai persentase sebesar 49,0%.

Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kepercayaan diri dan motivasi terhadap prestasi atlet tapak suci Ormawa Universias Sebelas Maret.