Abstrak


Interferensi Bahasa Inggris dan Jawa terhadap Bahasa Indonesia oleh Penyiar Solo Radio 92,9 FM


Oleh :
Susy Ariani - B0216055 - Fak. Ilmu Budaya

Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk interferensi bahasa Jawa dan bahasa Inggris terhadap bahasa Indonesia oleh penyiar Solo Radio 92,99 FM., (2) mendeskripsikan bentuk-bentuk interferensi bahasa yang terjadi pada siaran Solo Radio 92,99 FM.

Penelitian ini dikaji menggunakan teori sosiolinguistik Ronald Wardaugh, dan teori interferensi bahasa menurut Alwasilah.Penelitian ini bersifat kuaitatif deskriptif dengan memanfaatkan tuturan penyiar Solo Radio 92,99 FM., sebagai sumber data. Metode dan Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Simak, serta Teknik rekam dan Teknik catat.  Penelitian ini menggunakan metode analasis data agih dan padan. Teknik pengolahan data meliputi tahap deskripsi, serta klasifikasi.

Penelitian dengan kajian sosiolinguistik ini menghasilkan beberapa simpulan. Pertama, pada tuturan penyiar Solo Radio ditemukan beberapa bentuk interferensi bahasa yaitu, Interferensi Sintaksis, Interferensi Fonologis, dan Interferensi Morfologis.