Abstrak


Perancangan Desain Aplikatif Covid-19 dengan Teknik Engraving untuk Jaket Denim


Oleh :
Ajie Pramudya Mukti - C0917003 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Ajie Pramudya Mukti. CO917003.2023. Perancangan Desain Aplikatif Covid-19 Dengan Teknik Engraving Untuk Jaket DenimTugas Akhir: Program Studi Kriya Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret.

Perancangan ini mengolah bentuk visual dari virus covid-19 untuk dijadikan desain ilustrasi yang di aplikasikan pada media jaket denim. Rumusan masalah pada percangan ini adalah untuk menyampaikan bahaya yang di timbulkan dari virus covid-19 serta menjadi media pengingat kembali kepada masyarakat tentang kejadian wabah mengerikan virus covid-19 yang terjadi 3 tahun lalu kemudian akan diterapkan di media fashion tekstil yang akan digunakan oleh kalangan remaja khususnya laki laki dari rentan usia 17 sampai 27 tahun.

Perancangan ini penulis menggunakan pendekaan desain yang melewati tiga tahapan inti yaitu : eksplorasi, ekstraksi, dan titik terminasi (Palgunadi, 2007:266-268). Berdasarkan pendekatan tersebut, penulis akan melakukan observasi sacara menyeluruh dan terperinci tentang konsep yang dipaparkan dalam penulisan, serta menganalisis secara mendalam tentang perancangan yang dibuat guna mendapatkan suatu kesimpulan dan pemecahan masalah.

Hasil dari perancangan ini adalah berupa jaket denim yang memiliki desain ilustrasi virus covid-19 yang di dalammnya terdapat bahaya serta edukasi yang nantinya akan menjadi media pengingat kembali bahwa wabah virus covid-19 pernah terjadi. Pengolahan desain ilustrasi ini akan menggunakan teknik engraving dengan mesin dengan media kain denim yang akan di olah menjadi jaket denim.