Abstrak


PENGARUH METODE DRILL TERHADAP PENINGKATAN KETEPATAN PUKULAN SERVIS PADA PEMAIN PB MEZALUNA KEBUMEN TAHUN 2023


Oleh :
Irsanelio Rifqi Diofani - O0218049 - Fak. Keolahragaan

ABSTRAK

 

Irsanelio Rifqi Diofani. O0218049. PENGARUH METODE DRILL TERHADAP PENINGKATAN KETEPATAN PUKULAN SERVIS PADA PEMAIN PB MEZALUNA KEBUMEN TAHUN 2023. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2023.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap peningkatan ketepatan pukulan servis pada pemain PB Mezaluna Kebumen Tahun 2023.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen. Penelitian ini termasuk dalam bentuk one group prestest-posttest design dengan instrument berupa tes servis pendek French oleh Tohar. Penelitian ini dilaksanakan melalui pemberian tes awal (pre-test) terlebih dahulu, selanjutnya diberikan perlakuan melalui drill (treatment), sesudah itu dikenai tes akhir (post-test). Subjek penelitian adalah pemain PB Mezaluna Kebumen sebanyak 30 pemain, pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t (paired sample t test).

Hasil penelitian peningkatan ketepatan servis pada pemain PB Mezaluna Kebumen Tahun 2023 pada penelitian ini didapat melalui perhitungan rentang antara rata-rata prestest dan posttest. Hasil penelitian statistik ketepatan pukulan servis pada pemain PB Mezaluna Kebumen didapat rata-rata pretest 43,73 sedangkan hasil posttest 57,57. Maka jumlah perbedaan rata-rata pretest dan posttest sebesar 13,84.

Berdasarkan hasil penelitian diatas disimpulkan bahwa penggunaan metode (drill) dapat meningkatkan kemampuan ketepatan pukulan servis pada pemain PB Mezaluna Kebumen Tahun 2023. Peningkatan ketepatan pukulan servis dapat dilihat dari perbedaan jumlah rata-rata pretest dan posttest sebesar 13,84 dengan presentase peningkatan sebesar 31,64%. dan nilai sig.(0,000)< 0>