Abstrak


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA KELAS XI MIPA 2 SMA BATIK 2 SURAKARTA


Oleh :
Anita Nuraini - K3319014 - Fak. KIP

Anita Nuraini. K3319014. Pembimbing I: Dr. Sri Retno Dwi Ariani, S.Si., M.Si. Pembimbing II: Dr. Sri Yamtinah, S.Pd., M.Pd. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA KELAS XI MIPA 2 SMA BATIK 2 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, September 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatan interaksi sosial siswa dengan menerapkan model pembelajaran CORE pada materi Larutan Penyangga kelas XI MIPA 2 SMA Batik 2 Surakarta (2) Peningkatan High Order Thinking Skill (HOTS) siswa dengan menerapkan model pembelajaran CORE pada materi Larutan Penyangga kelas XI MIPA 2 SMA Batik 2 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan tes. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan Presentase interaksi sosial meningkat dari 83% pada siklus I menjadi 94% pada siklus II. Presentase ketuntasan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siklus I sebesar 45% meningkat menjadi 76% pada siklus II.  Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dapat meningkatkan interaksi sosial dan high order thinking skill (HOTS) siswa XI MIPA 2 pada materi larutan penyangga di SMA Batik 2 Surakarta.