Abstrak


Olah Visual Efek Limbah Karat Menggunakan Teknik Rust Dyeing Untuk Produk Puffer Jacket


Oleh :
Orizza Anggun Ferayanti - C0919039 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Orizza Anggun Ferayanti. C0919039. Olah Visual Efek Limbah Karat Menggunakan Teknik Rust Dyeing Untuk Produk Puffer Jacket. Program Studi Kriya Seni. Fakultas Seni Rupa dan Desain. Universitas Sebelas Maret. 2023.


Rust dyeing merupakan teknik pewarnaan kain menggunakan karat yang menjadi salah satu pewarna alternatif potensial, memiliki nilai estetika tinggi, dan dapat menciptakan visualisai unik dan menarik karena efek warna yang dihasilkan berbeda-beda. Tujuan perancangan ini adalah pemanfaatan karat untuk motif rust dyeing agar memiliki bernilai guna yang lebih tinggi. Visual motif yang ditampilkan diperoleh dari hasil eksplorasi dengan bermacam teknik pengikatan. Motif rust dyeing tersebut di implemplementasikan pada puffer jacket untuk menambah nilai estetikanya.
Metode perancangan yang digunakan adalah metode penciptaan pendekatan menurut Gustami yang terdiri dari tiga tahap yaitu eksplorasi (pencarian mengenai sumber ide dengan langkah identifikasi dan perumusan masalah, penelusuran, penggalian pengumpulan data dan referensi, hingga pada pengolahan dan analisis data, sehingga acuan tersebut dapat dijadikan sebagai dasar perancangan), tahap perancangan (menuangkan ide hasil temuan ke dalam bentuk visual), tahap perwujudan (mewujudkan rancangan dan desain terpilih ke dalam bentuk karya nyata).
Hasil perancangan ini berupa kain motif rust dyeing yang di gunakan sebagai pelengkap estetis pada produk puffer jacket menggunakan teknik rust dyeing dan quilting.