Abstrak


Hubungan antara Kompetensi Guru dengan Prestasi Belajar Siswa Tunagrahita di SLB BC YPASP Gondangrejo Karanganyar


Oleh :
Isnaini Indriyawati - K5115035 - Fak. KIP

Isnaini Indriyawati. K5115035. HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA DI SLB BC YPASP GONDANGREJO KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2022. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa tunagrahita di SLB BC YPASP Karanganyar. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Subjek yang digunakan dalam penelitian berjumlah sembilan guru di SLB BC YPASP Gondangrejo Karanganyar. Pengumpulan data menggunakan skala likert dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment Pearson  dengan bantuan software SPSS 26.
 Hasil korelasi product moment Pearson menunjukkan nilai R=0,885. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa tunagrahita. Kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa tunagrahita memiliki tingkat hubungan yang sangat tinggi.