Abstrak


KONSTRUKSI GENDER TOKOH UTAMA PADA LIMA CERKAK DALAM ANTOLOGI CERKAK SIMBAR MENJANGAN KARYA IMPIAN NOPITASARI (KRITIK SASTRA FEMINIS)


Oleh :
Regina Dewitri - B0119052 - Fak. Ilmu Budaya

Regina Dewitri. B0119052. 2023. Konstruksi Gender Tokoh Utama Pada Lima Cerkak Dalam Antologi Cerkak Simbar Menjangan Karya Impian Nopitasari (Kritik Sastra Feminis). Skripsi: Progra Sastra Daerah, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret.

 

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana unsur- unsur yang membangun lima cerkak Simbar Menjangan karya Impian Nopitasari?; 2) bagaimana konstruksi gender tokoh utama pada lima cerkak dalam antologi cerkak Simbar Menjangan karya Impian Nopitasari?; 3) bagaimana bentuk-bentuk kesetaraan perempuan pada lima cerkak dalam antologi cerkak Simbar Menjangan karya Impian Nopitasari?

 

Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan struktur pada lima cerkak dalam antologi cerkak Simbar Menjangan karya Impian Nopitasari menggunakan teori Sangidu, konstruksi gender tokoh utama pada lima cerkak dalam antologi Simbar Menjangan karya Impian Nopitasari, dan bentuk-bentuk kesetaraan perempuan pada lima cerkak dalam antologi cerkak Simbar Menjangan karya Impian Nopitasari.

 

Bentuk penelitian deskriptif kualitatif untuk penelitian sastra. Pengumpulan data menggunakan teknik analisis isi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan struktural dan feminisme sastra. Sumber data adalah lima cerkak dalam antologi cerkak Simbar Menjangan oleh Impian Nopitasari. Data adalah teks pada lima cerkak dalam antologi cerkak Simbar Menjangan oleh Impian Nopitasari yang di dalamnya memuat data struktural dan data konstruksi gender.

 

Hasil analisis dari penelitian ini yaitu: 1) berdasarkan unsur-unsur yang membangun lima cerkak dalam antologi cerkak Simbar Menjangan karya Impian Nopitasari memiliki unsur-unsur pembangun karya sastra yang lengkap sehingga dapat membangun jalan cerita secara utuh, unsur-unsur tersebut antara lain penokohan, alur, latar, tema, amanat; 2) berdasarkan analisis konstruksi gender, khususnya dengan teori konstruksi gender Fakih, yaitu identifikasi tokoh, relasi gender, dan peran gender pada tokoh utama lima cerkak dalam antologi cerkak Simbar Menjangan karya Impian Nopitasari; 3) bentuk-bentuk kesetaraan perempuan yaitu peran publik dan peran domestik pada lima cerkak dalam antologi cerkak Simbar Menjangan karya Impian Nopitasari.