Abstrak


PENGARUH PEMANFAATAN E-COMMERCE, LOCUS OF CONTROL, DAN PELATIHAN BISNIS TERHADAP KINERJA USAHA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA SEBAGAI PELAKU BISNIS ONLINE (Studi Pada Mahasiswa di Program Mahasiswa Wirausaha UNS)


Oleh :
Novitasari A - K7616050 - Fak. KIP

Novitasari Arumaningtyas. PENGARUH PEMANFAATAN E-COMMERCE, LOCUS OF CONTROL, DAN PELATIHAN BISNIS TERHADAP KINERJA USAHA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA SEBAGAI PELAKU BISNIS ONLINE (STUDI PADA MAHASISWA DI PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA UNS). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2022.

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan e-commerce, locus of control, dan pelatihan bisnis terhadap kinerja usaha pada mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta sebagai Pelaku Bisnis Online. Metode analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan sumber data primer dan sekunder berupa kuisoner online, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UNS sebagai pelaku bisnis online dengan sampel sebanyak 105 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik non probability samping jenis sampling purposive, dimana pengambilan sampel ini menggunakan pertimbangan tertentu. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS 21. Hasil uji coba dalam penelitian ini melibatkan 30 mahasiswa pelaku usaha online PMW UNS. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa 29 dari 30 pernyataan dikatakan valid dan reliabel.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan e-commerce, locus of control, dan pelatihan bisnis terhadap kinerja usaha pada mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta sebagai pelaku bisnis online secara simultan, dengan nilai F hitung sebesar 88,720 dan nilai R2 sebesar 72,5?ngan sumbangan efektif antara pemanfaatan e-commerce (X1) 35,94%, locus of control (X2) 15,31%, dan pelatihan bisnis (X3) 21,19%.

Kata Kunci: Pemanfaatan e-commerce, locus of control, pelatihan bisnis, kinerja usaha