Abstrak


PENGINTEGRASIAN BLENDED DISCOVERY LEARNINGDENGAN WEBSITE BIOENIAL UNTUK MEMBERDAYAKANKETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DAN CRITICAL THINKINGPADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN


Oleh :
Tariza Ayu Nilam Saputri - K4319080 - Fak. KIP

Tariza Ayu Nilam Saputri. K4319080. Pembimbing I: Joko Ariyanto, S.Si., M.Si. Pembimbing II: Dr. Bowo Sugiharto, S.Pd., M.Pd. PENGINTEGRASIAN BLENDED DISCOVERY LEARNING DENGAN WEBSITE BIOENIAL UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DAN CRITICAL THINKING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2023.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh  integrasi model Blended Discovery Learning dengan website Bioenial dan model pembelajaran Discovery Learning saja terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh  integrasi model Blended Discovery Learning dengan website Bioenial dan model pembelajaran Discovery Learning saja terhadap Critical Thinking siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan desain post-test only untuk pengukuran KPS dan pre-test post-test nonequivalent control group design untuk pengukuran Critical Thinking. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-1, X-2, dan X-3 SMAN 1 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data adalah lembar observasi penilaian KPS dan soal uraian yang memuat aspek-aspek Critical Thinking. Teknik analisis data pengukuran KPS dilakukan dengan uji ANAVA, sedangkan pengukuran Critical Thinking dilakukan dengan uji ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh pengintegrasian website bioenial terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi perubahan lingkungan, (2) terdapat pengaruh pengintegrasian website bioenial terhadap Critical Thinking siswa pada materi perubahan lingkungan yaitu 22,2% yang berarti pengintegrasian website bioenial berpengaruh sedang terhadap Critical Thinking siswa.