Abstrak


FENOMENA CATCALLING DI KALANGAN ATLET WANITA


Oleh :
Krisna Bunga Wardani - O0219063 - Fak. Keolahragaan

Krisna Bunga Wardani. O0219063. Fenomena Catcalling di Kalangan Atlet Wanita.  Skripsi. Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2023.

 

Tujuan penelitian  ini adalah  untuk mengetahui persepsi atlet wanita terhadap catcalling, bentuk catcalling yang dialami atlet wanita, profil atlet wanita yang mengalami catcalling, dampak catcalling pada atlet wanita, upaya pencegahan catcalling pada atlet wanita.

Penelitian  ini merupakan penelitian kualitatif. Sampel penelitian berjumlah 11 atlet wanita dikumpulkan dengan metode snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan pengumpulan data dari kajian literatur. Instrumen penelitian divalidasi dengan expert judgement.  Validitas data menggunakan triangulasi sumber kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  catcalling adalah salah satu pelecehan seksual yang dilakukan dengan bentuk kata-kata (verbal) maupun non-verbal yang tidak senonoh dan membuat korban merasa tidak nyaman. Atlet wanita dengan berbagai profil mengalami catcalling. Dampak catcalling pada atlet  meliputi trauma, hilang selera makan, menggangu fokus pertandingan, bahkan hilang   minat berolahraga.  Upaya pencegahan dapat dilakukan atlet dengan tidak memakai baju ketat dan menghindari komunikasi dengan orang asing.