Abstrak


Analisis Pengaruh Persepsi Profesi, Persepsi Kesejahteraan, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Raafi Azzis - K7619062 - Fak. KIP

ABSTRAK

Raafi Azzis. ANALISIS PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU, PERSEPSI KESEJAHTERAAN GURU, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU EKONOMI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2023.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi profesi, persepsi kesejahteraan, dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru ekonomi.Teknik  pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, yaitu proportionate random sampling dengan sampel sebanyak 170 mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS. Uji validitas menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan cronbach’s alpha. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi logistik, uji t, dan uji F.

Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa : (1) Persepsi profesi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS. (2) Persepsi kesejahteraan guru tidak berpengaruh terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS. (3) Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS. (4) Persepsi profesi guru, persepsi kesejahteraan guru, dan lingkungan keluarga secara simultan berpengaruh terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS. Manfaat dari penelitian ini yaitu mengetahui bahwa tidak semua mahasiswa pada pendidikan ekonomi berminat untuk melanjutkan profesinya menjadi seorang guru. Hal ini dilihat dari persepsi baik terkait profesi guru maupun kesejahteraan guru dapat mempengaruhi minat mahasiswa untuk menjadi guru ekonomi, dan lingkungan keluarga pun menjadi salah satu faktor yang penting dalam pengambilan keputusan seorang anak untuk berminat menjadi guru.

Kata kunci: persepsi profesi guru, persepsi kesejahteraan guru, lingkungan keluarga, minat menjadi guru ekonomi.