Abstrak


Pengaruh Circuit Training Terhadap Peningkatan Daya Tahan Kardiovaskular Pemain Futsal SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun 2023


Oleh :
Mashofa Bayu Tulus Nugroho - O0219070 - Fak. Keolahragaan

ABSTRAK
Mashofa Bayu Tulus Nugroho. O0219070. PENGARUH CIRCUIT TRAINING TERHADAP PENINGKATAN DAYA TAHAN KARDIOVASKULAR PEMAIN FUTSAL SMA NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN 2023. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2023.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah circuit training berpengaruh terhadap daya tahan kardiovaskuler pemain futsal SMA Negeri 1 Mojolaban tahun 2023.
Penelitian iniaadalah eksperimen semu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dilakukan di Lapangan Futsal SMA Negeri 1 Mojolaban, Jawa Tengah, selama 6 minggu mulai 4 Agustus hingga 13 September 2023, dengan latihan tiga kali seminggu pada Senin, Rabu, dan Jumat, dimulai pukul 15.30. Populasi adalah anggota Tim Futsal SMA Negeri 1 Mojolaban, dan sampel terdiri dari 20 pemain ekstrakurikuler Tim Futsal. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest dengan Multistage Fitness Test (MFT) untuk mengukur daya tahan kardiovaskuler. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas dengan uji Kolmogorov Smirnov dan analisis multivariat dengan uji Repeated Measured dilakukan untuk mengetahui apakah pada kelompok tes eksperimen terdapat perbedaan daya tahan kardiovaskuler.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis data pretest dan posttest kelompok kontrol dan treatment memperoleh nilai signifikansi kurang dari 0.05 (sig. < 0>Dapat disimpulkan perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest kelompok kontrol dan treatment, dengan nilai signifikansi lebih rendah dari batas 0.05 menunjukkan bahwa circuit training berpengaruh signifikan terhadap peningkatan daya tahan kardiovaskuler pemain futsal di SMA Negeri 1 Mojolaban tahun 2023. 

Kata Kunci: olahraga, futsal, circuit training, daya tahan kardiovaskuler.