Abstrak


MOTIF DAN KEPUASAN PENONTON KONTEN ALUR CERITA FILM


Oleh :
Hafizhan Satria Nagara - D0218035 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Hafizhan Satria Nagara. D0218035. 2023. “Motif dan Kepuasan Penonton Konten Alur Cerita Film (Analisis Audiens menggunakan Uses and Gratification Model Palmgreen pada Channel YouTube IQ7)”. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Perkembangan teknologi telah mengubah pola konsumsi film, dengan semakin banyak masyarakat sebagai active audience yang berperan aktif dalam memilih konten yang hendak dikonsumsi beralih dari platform konvensional menuju ke platform digital untuk mengonsumsi konten film, termasuk fenomena baru yang terkait dengan konten alur cerita film yang semakin banyak disukai dan ditonton oleh masyarakat. Konten alur cerita film berisi storytelling dari narator tentang alur cerita sebuah film dari awal sampai akhir film. Penelitian ini ingin mengetahui tentang bagaimana motif penonton dalam mengonsumsi konten alur cerita film dan bagaimana kepuasan yang diperoleh penonton setelah mengonsumsi konten alur cerita film pada channel YouTube IQ7. Untuk memperoleh tujuan diatas, penulis menggunakan teori uses and gratification model Palmgreen. Penelitian ini memiliki fokus penelitian terhadap analisis audiens dalam mengonsumsi media. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis audiens dan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi kepustakaan.

Kesimpulan pada penelitian ini adalah mengetahui motif dan kepuasan penonton konten alur cerita film pada Channel YouTube IQ7. Motif penonton dalam menonton tayangan ini adalah motif hiburan, motif informasi, motif identitas pribadi, dan motif integrasi dan interaksi. Hal itu sesuai dengan motif yang dikemukakan oleh McQuail. Selain motif di atas, ditemukan pula motif baru yaitu motif efisiensi waktu, clickbait, dan multitasking. Kepuasan penonton setelah menonton konten alur cerita film pada Channel YouTube IQ7 ini bervariasi, namun secara garis besar Channel YouTube IQ7 berhasil memenuhi berbagai aspek kepuasan penonton. Kepuasan hiburan, informasi, identitas pribadi, serta integrasi dan interaksi sosial. Hal itu sesuai dengan kepuasan yang dikemukakan oleh McQuail. Selain kepuasan di atas, ditemukan pula kepuasan baru yaitu kepuasan efisiensi waktu, clickbait, dan multitasking semuanya terpenuhi melalui konten yang disajikan.

Kata Kunci    : Konten Alur Cerita Film; Motif; Kepuasan